Skip to main content
ASTRABRIGHT

follow us

Choose Your Categories

5 Tips Hidup Sehat Ala Emak ifAffan



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Apa kabar semuanyaaaa? Beberapa hari ini aku sedang dilanda kesedihan luar biasa. Pasalnya mulutku terserang sariawan bertubi-tubi, nggak tanggung-tanggung ada empat buah sariawan yang bersarang di mulut bagian bawah. Duh, jangan tanya rasanyaaa…. Yang pasti aku doakan agar teman-teman nggak pernah merasakan hal yang sama. 

Tidak hanya sariawan yang sedang menyerang, kondisi tubuhku juga sepertinya sedang unwell, hingga bibit-bibit flu pun mulai tertangkap radar. Dengan kondisi yang lagi entah ini, aku masih harus strong karena qodarullah hari ini diminta seorang teman untuk membantu meramaikan Yearly Event Yayasan Setara. Alhamdulillah meski molor cukup lama dan yang tadinya mau duet maut bareng ibu walikota akhirnya terpaksa digantikan dengan narasumber lain, namun cukup senang bisa berbagi informasi dengan ibu-ibu PKK Kelurahan Manyaran meski kondisi tubuh sedang tak fit.

Ngobrolin soal kesehatan, aku termasuk yang kurang aware masalah ini. Baru sadar kalau butuh jaga kesehatan ketika sedang kondisi seperti ini. Badan terserang 3L (lemah, letih, lesu), pilek melanda dan suara mulai serak. Sebenarnya kalau awareness-nya sedang tinggi, aku sadar diri banget bahwa untuk hidup sehat itu perlu melakukan hal-hal berikut ini:

1. Tidak Begadang dan TIdur yang Cukup

Sebenarnya sejak Affan lahir, jadwal tidurku sudah cukup baik. Jam 8/ 9 malam aku usahakan sudah tertidur sambil ngeloni anak-anak, nanti jam 12 or maksimal jam 3 pagi aku bangun untuk mulai mengerjakan to do list tulisan. Namun sejak mengambil kesempatan sebagai fasilitator, jam tidur mulai berantakan lagi. Karena ada jam-jam diskusi yang harus aku ikuti, kadang sampai jam 10-11 malam. Akhirnya kalau mau kerja nggak memungkinkan untuk tidur lebih dahulu, begadang deh. Dan beneran di badan nggak enak banget. Tidur jadi kurang dan paginya kaya kehilangan tenaga. 

2. Kurangi Minum Kopi

Segelas kopi dalam sehari masih hal wajar, tapi kalau sudah lebih dari 2 gelas, alarm tubuh berdering dengan kerasnya. Nah, akhir-akhir ini aku lagi gandrung banget sama kopi hitam setelah dapat giveaway kopi dan ada kiriman dari Lampung. Sementara suami udah nggak minum kopi lagi karena tensinya naik tinggi setelah ngopi, jadilah aku yang menghabiskan kopi itu. Eh, lama-lama aku merasa mabok kopi dan mulai sadar diri untuk mengurangi asupan kopi ke dalam tubuh.


3. Say No To Mager

Mager is my second name, hahaha. Asli kalau udah di rumah, kerjaan udah kelar semua, gegoleran sambil nonton drakor is the best pokoknya. Senam aerobik yang sempat kuikuti pun akhirnya nggak lagi rutin kujalani karena jadwalnya selalu tabrakan sama suami pulang kerja. Berenang juga palingan sebulan sekali. Jalan kaki? Malas banget! Apalagi sejak ada motor sendiri, ke mana-mana naik motor deh. Padahal dulu zaman Ifa masih kecil, rajin banget jalan. Ke pasar, jalan. Ke PAUD Ifa, jalan. Sekarang? Ogah.. nunggu dianterin kalau motor pas dipakai suami… payah deh ah!

4. Makan Teratur

Sadar banget soal pentingnya makan teratur, tapi kok aku masih aja malas makan ya? Kecuali disuapin suamik, hahah.. langsung makan banyak. Asli kayanya buang-buang waktu banget gitu jalan ke dapur, ambil makanan.. kalau ada yang ngambilin terus nyuapin enak banget. Bener-bener parah kan? Jangan ditiru daaah… Gara-gara kebiasaan makan yang dirapel ini, maagku sering kumat deh.

5. Bersyukur

Pikiran adalah sumber kesehatan jiwa. Semakin kita banyak mengeluh, semakin tubuh akan mudah ringkih. Ini versiku yaaa… aku merasa banget kalau menjalani hidup lebih legawa dan apa adanya, tubuh tuh enak dan enteng. Tapi kalau dikit-dikit nyinyir, dikit-dikit complain, tubuh pun kaya kena setrum hawa negatif pikiran kita. So, buatku hal terakhir tapi tak kalah penting dalam tips hidup sehat adalah jangan berhenti bersyukur atas anugerah Allah, sekecil apapun. Semakin sering kita bersyukur, semakin bertambah nikmat yang IA berikan, termasuk di dalamnya nikmat kesehatan, insya Allah.

Semoga bermanfaat ya tips hidup sehat dari emak ifAffan ini… sampai jumpa di postingan berikutnya!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar