Skip to main content
ASTRABRIGHT

follow us

Choose Your Categories

Cegah Jerawat Agar Tidak Menghantui Wajah Cantikmu dengan 5 Cara Jitu Ini!

mencegah  jerawat dengan 5 cara jitu

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Siapa yang punya masalah dengan jerawat? Cung! Satu, dua, tiga... sepuluh.. seratus.. alhamdulillah, banyak juga temannya. Aku termasuk yang mudah berjerawat nih, pals. Apalagi menjelang menstruasi, bakalan panen jerawat deh wajahku. Makanya aku selalu kepo bagaimana sih cara mencegah timbulnya jerawat.

Baik untuk pria mau pun wanita, jerawat merupakan hal paling menyebalkan yang selalu menyerang kulit kita meski pun sudah dijaga sedemikian rupa. Memang jenis masalah kulit yang satu ini tidak membahayakan kesehatan, namun sering kali jerawat mampu membuat penampilan menjadi kurang baik serta membuat rasa percaya diri seseorang semakin menurun.

Sebenarnya, jerawat bisa timbul dikarenakan adanya penumpukan bakteri yang memicu jamur tumbuh, serta karena tersumbatnya pori-pori dengan minyak. Sebenarnya, jerawat sendiri dapat dicegah sebelum masalah tersebut menyerang kulit cantik kita dan membuat penampilan semakin terlihat kurang baik, namun pastinya hal ini dianggap cukup sulit bagi sebagian orangnya. Namun, tidak ada salahnya jika kita mencoba cara mencegah yang paling terjitu ini agar selanjutnya jerawat tidak menghantui kita. Berikut inilah beberapa cara jitu pencegahan timbulnya jerawat:

1. Mengkonsumsi Buah

mencegah jerawat dengan mengkonsumsi buah

Mengkonsumsi makanan yang manis memang membuat kita merasa lebih senang, namun akan lebih baik jika kita mengganti makanan manis tersebut dengan mengkonsumsi buah yang jauh lebih kaya akan vitamin. Buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin dinilai mampu membuat kulit selalu terasa halus, segar dan juga sehat. Hal ini juga sangat berguna untuk mengurangi resiko terkenanya jerawat. Biasakan diri untuk mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran yang nyatanya mampu membuat kulit menjadi lebih cantik dan juga sehat.

2. Tidak Menyentuh Wajah

mencegah jerawat dengan tidak sering menyentuh wajah

Kebanyakan dari orang Indonesia memiliki kebiasaan memegang wajah mereka menggunakan tangan tanpa mereka sendiri sadari. Hal ini dapat menimbulkan jerawat karena tangan dapat kotor dan membawa berbagai kuman, bakteri mau pun virus. Oleh karena itu, jika ingin menyentuh wajah, ada baiknya jika mencuci tangan dulu sebelum menyentuhnya. Selain itu, akan lebih baik jika menyentuh wajah ketika benar-benar diperlukan saja agar kesehatan kulit wajah pun menjadi lebih terjaga. Kita pun pastinya akan jarang mengalami atau terkena masalah kulit berjerawat tersebut.

3. Produk Anti Jerawat

mencegah jerawat dengan produk anti jerawat

Sering kali jika kita lihat pada produk kecantikan dan juga perawatan kulit zaman sekarang, ada begitu banyak yang menawarkan teknologi anti jerawat. Biasanya, formula tersebut ditemukan di beberapa produk perawatan kulit, misalnya seperti pelembab, krim wajah, dan lain sebagainya. Pilihlah produk yang memiliki manfaat dari non-comedogenic atau yang sering disebut juga sebagai anti jerawat. Sangat dianjurkan untuk digunakan bagi yang memiliki kulit berminyak, serta dianjurkan juga untuk menggunakan pelembab yang mampu mengontrol produksi minyak. Bagi yang memiliki kulit kering, maka juga harus menggunakan pelembab yang mampu menutrisi kulit agar kulit wajah pun tidak mengelupas atau mengalami masalah lain seperti jerawat.


4. Teliti Memilih Make Up

mencegah jerawat dengan teliti memilih make up

Sekarang ini produk tata rias atau produk make up sudah tersedia dalam berbagai model, jenis dan juga brand. Akan sedikit sulit bagi kita untuk mendapatkan produk yang benar-benar cocok untuk tipe kulit wajah kita. Oleh karena itu, sebelum membeli ada baiknya jika kita memperhatikan kandungannya serta melihat ulasan-ulasan dari pengguna sebelumnya. Jika bisa, pilihlah produk yang memang mengandung non-comedogenic yang mampu mencegah serta mengatasi kulit yang berjerawat.

5. Olahraga

mencegah jerawat dengan berolahraga

Berolahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga sangat bermanfaat bagi kulit wajah kita. Banyak berolahraga mampu membuat kulit menjadi terlihat lebih bersinar, halus, kenyal, serta terbebas dari berbagai jenis masalah kulit seperti jerawat salah satunya. Disamping itu, olahraga juga mampu membuat peredaran darah semakin lancar. Peredaran darah yang lancar tersebut akan mencegah jerawat menghantui kulit wajah kita.

5 cara jitu mencegah jerawat di atas mantuul kan, pals? Meski sebenarnya mudah, tantangannya adalah keep istiqomah dalam menjalankan 5 hal di atas. Semoga kita termasuk yang konsisten menjalankan 5 hal di atas sehingga jerawat nggak nongol-nongol lagi di wajah kita. Aamiin!

Salam cantik selalu, pals! 

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar