Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya Dan Asal Nama Bakso - Astra Bright

Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya Dan Asal Nama Bakso

 Sahabat kumpulan resep kuliner bakso hampir setiap orang menyukainya Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya dan Asal Nama Bakso
Foto by Mimi


Sahabat kumpulan resep kuliner bakso hampir setiap orang menyukainya. Makanan yang sanggup dibilang sudah merakyat ini sanggup kita jumpai hampir dimanan saja. Untuk variasinya pun sekarang sudah cukup banyak dan dipadukan dengan aneka macam materi lainnya. Bahkan bakso dikala ini di jadikan ikon maskanan orisinil Indonesia,. Tapi tahukah anda dari mana asal bakso dan sejarahnya masuk ke Indonesia? 

Apa Itu Bakso ?


Bakso berdasarkan wikipedia ialah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia.Bakso umumnya dibuat dari adonan daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.
Sedangkan menuruk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bakso ialah kuliner terbuat dari daging, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibuat bulat-bulat

Sejarah Ditemukannya Bakso


Pada awal kala ke-17 simpulan dinasti Ming di Fuzhou, China.  Seorang anak yang berjulukan Meng Bo. Meng Bo populer sebagai anak yang baik dan berbakti kepada ibunya. Hingga suatu hari, ibunya yang mulai renta tak sanggup memakan daging lantaran giginya sudah mulai tidak sanggup makan kuliner yang sifatnya keras, menyerupai daging. Padahal daging ialah kuliner kesukaan ibunya. Sebab itulah, Meng Bo berinisiatif membantu biar ibunya sanggup makan daging yang menjadi kesukaannya. Meng Bo memikirkan bagaimana caranya mengolah daging yang keras biar sanggup dimakan oleh ibunya.

Hingga suatu ketika, Meng Bo melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan camilan bagus mochi. Melihat hal itu, Meng Bo eksklusif pergi ke dapur dan mengolah daging menyerupai cara tetangganya menciptakan olahan camilan bagus mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya menyerupai bulatan bulatan kecil biar ibunya gampang untuk memakannya, dari aroma rebusan olahan daging itu tercium aroma yang sangat lezat. Sehingga Ibunya ingin tau dengan aroma kaldu daging yang dibuat oleh Meng Bo itu dan ingin merasakan kuliner yang mempunyai aroma sedap itu.

Setelah olahan daging matang, Meng Bo menyajikan olahan tersebut kepada ibunya. Sang ibu merasa bangga lantaran tak hanya yummy namun adonan tersebut gampang untuk dimakan olehnya. Tak hanya sang ibu, Meng Bo pun merasa bahagia lantaran sang ibu tercinta sanggup merasakan makan daging kembali. Dan sekarang mereka sering memasak dan memakan bakso sebagai kuliner utama mereka. Kemudian olahan daging juga dibagi-bagikan ke tetangga, dan mereka menyanyakan resep cara dan resep menciptakan olahan daging tersebut. Maka mereka menimbulkan olahan itu sebagai hidangan gres nereka.

Sejarah Bakso Masuk Di Indonesia


Bakso yang kita kenal dikala ini diperkenalkan oleh para pedagang china yang menetap di Indonesia namun tidak tahu tepatnya kapan.  Sejarah bakso di Indonesia mengalami perubahan pada resep orisinil dimana penggunaan daging babi yang memang tidak familiar di Indonesia. Sehingga pedagang tersebut menggantinya dengan daging sapi, begitu juga dengan bumbu memakai rempah-rempah yang cocok dengan pengecap orang Indonesia. Walau tak menyerupai dengan resep asli, namun daging bakso yang empuk tetap menjadi ciri khas masakan ini.

Asal-Usul Nama Bakso


Asal nama bakso terdiri dari dua suku kata yakni Bak dan So. Bak berarti Daging babi dan So yang berarti kuah. Sehingga sanggup diartikan kuah dengan daging babi. Di dataran China, daging babi sudah biasa di kalangan penduduk. Namun, dikala memasuki daerah Indonesia, daging babi diganti dengan daging lainnya menyerupai daging sapi, ayam, dan ikan (seafood). Ada pula dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah Bak-So berarti “daging giling”.

Untuk jenis dan varian bakso dikala ini memang sudah berbeda dari resep aslinya. Bakso sudah banyak di modifikasi mulai dari rasa bentuk dan isiannya, tapi tetepa favorit dehh. Itulah sedikit pengetauhuan perihal bakso yang menjadi favorit kuliner kita. Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Bakso ? Sejarah Ditemukannya Dan Asal Nama Bakso"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel