Apa Itu Sushi ? Sejarah Makanan Sushi Dan Macam-Macam Jenis Sushi - Astra Bright

Apa Itu Sushi ? Sejarah Makanan Sushi Dan Macam-Macam Jenis Sushi

Apa itu Sushi ? Sejarah Makanan Sushi dan Macam-macam Jenis Sushi


Mendengar kuliner khas Jepang ? Pasti pribadi terpikir dalam benak kita Sushi. Menurut Wikipedia Sushi merupakan kuliner dari Jepang yang terdiri dari nasi yang kemudian dibuat dengan lauk (neta) berupa kuliner laut, daging, atau sayuran mentah maupun yang sudah dimasak. Nasi yang dipakai pasa sushi mempunya rasa sedidkit masam dan lembut sebab di campur dengan bumbu cuka beras, garam dan gula. Asal-usul kata sushi yaitu kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan abjad kanji sushi. Penulisan sushi memakai abjad kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan abjad kanji lain yang berbunyi yang sama).

Sejarah Makanan Sushi


Sejarah ditemukannya kuliner Sushi terjadi pada sekitar era 4 kurun sebelum masehi yang mana sebagian besar penduduk di Asia Tenggara, Ikan diawetkan dengan cara difermentasi dan disimpan di dalam beras dan garam. Pada masa itu beras hanya dipakai untuk menyimpan ikan, sehingga beras yang difungsikan untuk menyimpan ikan akan dibuang. Kemudian cara untuk menyimpan ikan ini hingga juga ke Jepang, maka pada zaman Heian kuliner ini dinamakan sebagai [Nare Zushi]. Lalu orang Jepang yang suka beras, semenjak Zaman Muromachi mengkreasikan dengan cara memakan ikan tersebut tanpa membuang nasinya, kemudianbarulah pada Zaman Edo muncul inspirasi untuk menciptakan Haya Zushi [Sushi Cepat] tanpa memfermentasikan ikannya kemudian dicampur dengan arak menciptakan nasinya berasa asam.
Lahirnya Edomae Sushi
Pada selesai Zaman Edo (Sekitar awal Abad ke-19) lahirlah Nigiri Sushi (Sushi Kepal) di Edo (Sekarang Tokyo). Oleh sebab itu, hingga kini banyak orang Jepang yang menganggap Edomaesushi identik dengan Sushi Kepal, Osaka Sushi identik dengan Sushi Kotak (Sushi Tekan). Tetapi, ada 1 lagi arti dari Edomae Sushi. Edo no Mae (Di Depan Edo), artinya Sushi yang dibuat memakai Ikan atau Rumput Laut yang gres saja ditangkap di Teluk Tokyo.

Macam-macam Sushi

Norimaki (Sushi Rumput Laut)


Norimaki merupakan Sushi gulung yang terbuat dari nasi cuka yang diletakan di atas rumput laut, kemudian diatasnya diberi labu kering serut atau timun kemudian digulung memakai Makisu (Alat penggulung sushi dari bambu). Ada beraneka macam Norimaki menurut ketebalannya, menyerupai Hosomaki [Tipis], Chumaki [Sedang], dan Futomaki [Tebal].

Oinarisan (Sushi Kulit Tahu)


Sushi Inari yaitu jenis Sushi dimana nasi dimasukan kedalam kantung tahu goreng yang rasanya anggun pedas. Sushi ini juga biasa dikenal sebagai Oinarisan atau Oinari atau Inari.

Kaisen Chirashi Sushi


Kaisen Chirashi Sushi yaitu nasi sushi yang dicampur dan dihias dengan beraneka macam materi makanan, utamanya yaitu lauk utama untuk menciptakan sushi (Ikan, Sashimi, dll).

Oshi Zushi (Sushi Tekan)


Nasi ditumpuk dengan Lauk, selama beberapa waktu, ditekan menjadi sushi. Ada banyak macam Oshi Zushi contohnya, Sushi Makarel yang paling umum, Battera Sushi dari Osaka atau Bozushi dari Kyoto.

California Roll (Sushi Gulung Kalifornia)


Sushi Gulung Kalifornia yaitu Sushi yang digulung dengan tangan yang berisi Kamaboko (baso kepiting imitasi), apokat, mayonnaise, wijen putih, dan lain-lain, atau Uramaki sushi (Sushi yang digulung dengan urutan isi nasi cuka, rumput laut, dan lauk dari sisi luar). Sushi Gulung Kalifornia ini merupakan hidangan yang juga populer di luar negeri.

Sushi Putar


Ini yaitu Restoran Sushi murah dengan konsep semi-pelayanan-sendiri, dimana Anda sanggup mengambil sendiri piring sushi yang anda inginkan dari lintasan ban berjalan yang akan berkeliling melewati depan mata anda yang dipasang di depan meja atau meja konter.

Mungkin hanya ini sedikit dari kami pembahahan perihal Makanan yang berasal dari Jepang yaitu Sushi. Mohon maaf kalau terdapat kesalahan. Semoga Bermanfaat.


Disarikan dari http://www.menu-tokyo.jp

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Sushi ? Sejarah Makanan Sushi Dan Macam-Macam Jenis Sushi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel