Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun - Astra Bright

Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun

 - Bagi penyuka kuliner khas timur tengah pastinya tidak jauh-jauh dengan materi yang namanya minyak zaitun atau sering disebut olive oil. Minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea Europaea), merupakan pohon tradisional dari tempat Basin Mediterania. Minyak yang populer banyak keuntungannya ini memang agak mahal dari minyak biasa sebab mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi (asam oleik dan pelifenol) yang baik untuk tubuh.

Dikarenakan harganya yang tidak mengecewakan mahal ini kemudian ada beberapa oknum yang mencoba memalsukannya demi mendapat laba berlipat tanpa memperhatikan imbas samping dari pemalsuanya. Untuk itu kita wajib hati-hati dan wsapada ketika membelinya.  Dan berikut ini kami berikan beberapa cara untuk menguji keaslian minyak zaitun.
Minyak Zaitun
  1. Dapat dilihat dari warnanya : Di pasaran biasanya minyak zaitun ada 3 jenis yang pertama minyak zaitun sulingan warnanya kekuningan cocok untuk menumis. Yang kedua minyak zaitun murni berwarna hijau kekuningan. Yang ketiga minyak zaitun extra virgin berwarna kehijauan.
  2. Dengan cara mencicipinya : Minum sedikit minyak zaitun sambil menghirup baunya, atau menyerupai menyeruput, rasakan tekstur dan rasa minyak zaitun ketika berada di dalam mulut, minyak zaitun yang orisinil akan terasa lebih pahit, dan agak pedas, serta mempunyai tekstur menyerupai mengandung biji bunga matahari.
  3. Dengan cara membaunya : Tarik napas dalam-dalam di penggalan atas gelas dan hirup aroma dari minyak zaitun, minyak zaitun yang orisinil mempunyai aroma yang cukup menyengat, namun terkadang agak sulit untuk membedakannya sebab mempunyai aroma menyerupai seolah-olah minyak sayur, tujuan melaksanakan proses ini yakni untuk mengemulsi minyak.
  4. Dengan cara mengaduk : Siapkan satu sendok makan minyak zaitun kemudian tuangkan pada gelas kaca, hangatkan minyak zaitun dengan cara menutup penggalan atas gelas dengan telapak tangan, sedangkan tangan yang lain memegang penggalan bawah gelas. Selanjutnya goyang-goyangkan gelas menyerupai sedang mengaduk, hal ini di lakukan untuk melepaskan ester pada minyak zaitun.
  5. Dengan cara menelanya : Setelah merasakan rasa dan tekstur minyak zaitun, tahap selanjutnya yakni menelannya, minyak zaitun yang orisinil tidak akan meninggalkan rasa di verbal melainkan di belakang tenggorokan.
  6. Dengan cara mengosok : Letakkan satu sendok kecil minyak zaitun di telapak tangan, kemudian gosok dengan kedua tangan selama 1 menit, sehabis itu ciumlah aroma minyak zaitun. Jika anda merasakan panas dan mencium aroma yang berpengaruh di tangan berarti minyak zaitun itu asli.


Dari beberapa tips diatas kita sanggup mengetahui keaslian minyak zaitun yang kita beli. Silahkan praktekan cara mana yang berdasarkan anda paling mudah. 

Semoga Bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengetahui Keaslian Minyak Zaitun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel