Cara Menciptakan Keripik Kentang Untuk Perjuangan Atau Kudapan Keluarga - Astra Bright

Cara Menciptakan Keripik Kentang Untuk Perjuangan Atau Kudapan Keluarga

Cara Membuat Keripik Kentang - Tanaman umbi-umbian sangat gampang tumbuh di Indonesia lantaran beriklim tropis dan terdapat banyak dataran tinggi yang mana itu sangat cocok untuk bertanam sayur mayur dan banyak sekali umbi-umbian. Jenis umbian yang paling banyak ditanam di indonesia yakni jenis kentang (Solanum Tuberosum L). Yang mana flora ini sanggup tumbuh subur di ketingian 1000-2000 mdpl yang terdapat di kaki gunung atau lembah yang banyak mengandung humus dari sisa letusan gunung berapi.

Dikarenakan sangat melimpahnya kentang di Indonesia ini sanggup menjadi peluang kita untuk perjuangan makanan atau produk dari kentang. Di kawasan perkebuanan kentang sangat murah di jual oleh petani kepada tengkulak atau beliau jual pribadi kepasar lantaran sangat banyaknya setok yang didapat. Maka dari itu dengan cara kita mengolahnya menjadi bentuk makanan atau produk otomatis harga jual kentang lebih mahal daripada di jual dalam bentuk umbi mentah.

Salah satu produk makanan yang paling gampang dalam mengolah kentang yakni menjadikanya keripik,  kita tahu sendiri kan banyak produk kripik kentang yang dijual dipasaran yang sangat populer dan siap konsumsi yang laku elok dijual di toko-toko besar sebagai camilan. Apa salahnya bila kita juga mencoba membuka peluang perjuangan dari keripik kentang dimana kita sudah disediakan materi yang cukup melimpah. Dan berikut kami berikan cara menciptakan keripik kentang untuk anda.
Keripik Kentang

Bahan :

  • 10 kg Kentang ukuran  besar
  • 1/2 ons Bawang putih
  • 3 sdm Garam
  • 1/2 ons Kapur sirih
  • 1 kg Minyak goreng

Alat :

  • Penggorengan (wajan)
  • Panci email atau bejana plastik
  • Pisau (alat pemotong kentang bila ada)
  • Ember plastik
  • Tampah
  • Pengaduk
  • Saringan

Cara Pembuatan :

  1. Cuci higienis kentang dari kotoran kemudian kupas, segera masukkan dalam ember yang berisi air(supaya kentang tidak berubah warna menjadi kecoklatan), kemudian basuh hingga bersih.
  2. Kemudian iris tipis-tipis kentang dengan ketebalan kira-kira 2 2 ½ mm, kemudian pribadi direndam selama 12-24 jam dalam air yang telah diberi larutan kapur sirih
  3. Setelah direndam semalaman, basuh hingga higienis dengan air mengalir kemudian tiriskan.
  4. Tumbuk bawang putih dan garam hingga halus kemudian masak dalam air hingga mendidih. Keasinan tergantung selera anda tetapi sebaiknya diberi rasa cukup asin lantaran rasa akan hilang dalam proses penjemuran.
  5. Lalu rebus irisan kentang selama 3-5 menit, kemudian tiriskan.
  6. Letakkan irisan kentang di atas tampah. Susun berjajar secara berselingan. Kemudian jemur irisan kentang selama 2-3 hari hingga kering;
  7. Goreng irisan kentang yang sudah kering dalam minyak yang tidak terlalu panas, usahakan minyak  untuk mengoreng agak banyak biar sanggup mekar sempurna. Bila kentang sudah mekar cepat angkat.

Catatan:

  • Hasil dari 1 kg kentang akan diperoleh 2 ons keripik kentang.
  • Keripik kentang yang belum digoreng sebaiknya disimpan dalam kaleng yang rapat.
  • Saat proses pengorangan minyak jangan terlalu panas lantaran akan menciptakan cepat gosong, alasannya yakni kentang sudah mengandung garam.
Dalam proses ppembuatan kripik kentang memang sedikit  gampang dan peralatan dan tidak terlalu banyak. Jika anda ingin perjuangan keripik kentang atau sekadar menciptakan untuk keluarga sendiri dosis sanggup diubahsuaikan dengan materi yang akan dibuat.[kumpulanresep07.blogspot.com]
Semoga Bermanfaat....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Keripik Kentang Untuk Perjuangan Atau Kudapan Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel