Mengenal Aneka Macam Macam Tepung Untuk Olahan Makanan - Astra Bright

Mengenal Aneka Macam Macam Tepung Untuk Olahan Makanan

Mengenal Berbagai Macam Tepung 

Mengenal Berbagai Macam Tepung Untuk Olahan Makanan

Mungkin sobat sering galau untuk membedakan aneka macam macam jenis tepung serta kegunaanya yaa. Memang ada berebagai macam tepung yang ada dipasaran yang belum banyak kita pahami dan apa fungsinya,, berikut ini kami coba jelaskan beberapa jenis tepung beserta kegunaannya.

1. Tepung Terigu
Tepung terigu terbuat dari biji gandum yang dikupas dan dihaluskan. Yang mana kita sanggup membedakan berdasarkan kadar protein atau glutennya. Kandungan protein pada tepung terigu memilih elastisitas dan tekstur sehingga penggunaannya diubahsuaikan dengan adonan yang akan dibuat.

Yang mana kita sanggup membedakan tepung terigu dari beberapa macam:

Tepung Protein tinggi (memiliki kandungan protein >11%). Sehinnga dikala terkena materi cair glutennya akan mengembang dan saling mengikat dengan besar lengan berkuasa membentuk adonan yang liat.Banyak digunakan untuk menciptakan kuliner yang melibatkan ragi. Contoh roti, mie, roti, pasta, donat, kulit martabak. Tidak disarankan untuk camilan manis kering atau kulit pie (bias alot). Contoh : cakra kembar , kereta kencana.

Tepung Protein sedang (memiliki kandungan protein 8-10%). Paling serbaguna dan flexible. Kebanyakan dan cantik digunakan untuk adonan yang memerlukan kerangka lembut namun masih bias mengembang ibarat cake. Bisa untuk gorengan, camilan manis kukus atau tradisional, pancake, wafel. Contoh : segitiga biru, gunung bromo.

Tepung Protein Rendah (kandungan protein 6-8%). Diperlukan untuk menciptakan adonan yang bersifat renyah. Bisa untuk gorengan, cookies. Contoh roda biru, kunci biru. Tidak disarankan untuk roti, donat dll (bisa bantat)

2. Tepung Tapioka atau Kanji
tepung ini dibentuk dari sari pati singkong atau ketela atau biasanya orang Jawa menyebut “Jendal”. Tepung ini memeiliki efeknya lengket, bening,kenyal  kalau dipanaskan. Kami sarankan tepung ini tidak cocok untuk gorengan alasannya yaitu menyerap banyak minyak dan akan mengeras dikala dingin. Tepung tapioka biasanya untuk pengenyal bakso, menciptakan cendol dan materi baku kerupuk.

3. Tepung Sagu
Tepung ini ibuat dari bab tengah pohon sagu atau pohon aren yang dihancurkan lalu diendapkan untuk diambil sarinya, sehabis itu dikeringkan . Tepung ini ibarat tepung tapioca namun lebih kering.
Tepung sagu biasanya digunakan untuk bubur, pempek, kerupuk, camilan manis semprit. Salah satu olahan yang populer yaitu sagu mutiara.

4. Tepung beras
Tepung Beras dibentuk dari beras yang ditumbuk atau digiling halus. Tepung beras menawarkan imbas renyah. Bisa untuk camilan manis tradisional ibarat camilan manis mangkok, talam, dan materi baku pembuatan bihun.

5. Tepung Ketan
Tepung ketan dibentuk dari beras ketan. Proses pembuatanya sama dengan tepung beras hanya beda berasnya saja. Tepung ketan mempunyai sifatnya liat dan kenyal. Untuk membedakannya dengan tepung beras, larutkan dengan sedikit air maka larutan tepung ketan akan terasa lebih kental alasannya yaitu mengandung pati yang berperekat. Dipakai untuk camilan manis tradisional ibarat onde-onde, getas, dan lain-lain.

6. Tepung Panir atauTepung Roti
Tepung panir terbuat dari roti taar yang dikeringkan dan ditumbuk. Tepung panir banyak digunakan untuk coating gorengan ibarat risoles, kroket, dan lain-lain.
Tepung panko yaitu tepung roti dengan tekstur paling kasar, menciptakan rasanya lebih garing dan renyah. teladan penggunaan pada tempura.

7. Tepung Hunkwe
Tepung Hunkwe terbuat dari kacang hijau yang ditumbuk atau digiling halus. Biasanya tepung ini digunakan untuk camilan manis ibarat nagasari, cendol, jenang dan lain-lain.

8. Tepung Arroowot/ Tepung Garut
Tepung Garut terbuat dari umbi garut yang diparut lalu diambil sarinya. Tepung garut mempunyai abjad menciptakan camilan manis lebih renyah dan melembutkan cake. Biasa digunakan menciptakan camilan manis semprit dan biasanya ditemu di daerah-daerah dan aneka macam kuliner tradisional lainnya.

9. Tepung Maizena
Tepung Maizena terbuat dari pati jagung. Biasa digunakan sebagai pengental pada masakan chinesse, sup maupun saus. Karakteristiknya member tekstur halus dan lembut pada sponge cake dan pudding serta imbas renyah pada camilan manis kering.

10. Tepung Custard
Tepung Custard terbuat dari materi adonan tepung kentang atau maizena, gula, susu dan kuning telur. Tepung custard sanggup dibeli di supermarket atau toko materi roti kemasannya biasanya kaleng atau box. Tepung ini digunakan untuk menciptakan vla.

11. Havermut atau Oatmeal
Tepung Oatmea terbuat dari biji sereal (avena sativa) , sanggup bebrbentuk tepung oat, atau berupa kepingan kasar. Oatmeal dikenal sanggup menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan mengandung serat yang lebih banyak dari jenis tepung yg lain, lebih usang dicerna, sehingga menimbilkan imbas kenyang yg lebih lama.

Perbedaan Cake dan Roti


Mungkin hanya itu saja sedikit klarifikasi dari kami wacana pengenalan aneka macam macam tepung untuk olahan makanan. Terima kasih

Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Aneka Macam Macam Tepung Untuk Olahan Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel