Mengenal Jenis-Jenis Pengembang Serta Pelembut Pada Roti Dan Cake - Astra Bright

Mengenal Jenis-Jenis Pengembang Serta Pelembut Pada Roti Dan Cake




Apakabar Sahabat , ketika kita akan menciptakan roti atau cake maka akan kita jumpai aneka macam Jenis  Pengembang roti,kue dan Cake Emulsifier. Buat sahabat KR  yang hoby menciptakan cake, camilan anggun kering atau roti, tentunya harus mengenal materi bahan pengembang atau Cake emulsifier untuk menciptakan hasil simpulan yang maksimal dan lezat tentunya. Begitu banyak pengembang camilan anggun dan cake emulsifier. Bagi pemula tentu harus betul betul mempelajari fungsi dari pengembang camilan anggun tersebut, biar tidak salah menambahkan Cake Emulsifier atau pengembang pada dikala pembuatan camilan anggun atau roti.
Namun kali ini Sahabat KR tidak perlu resah lagi, kini kita akan mengulas 9 Cake Emulsifer dan Pengembang Kue yang sanggup Anda gunakan dalam menciptakan kue. Tentunya dengan begitu Kita akan tahu Cake Emulsifier apa yang harus digunakan sehingga menghasilkan camilan anggun yang enak.

Bahan Pengembang Cake/Roti


1 Ragi Instan/Yeast 


Ragi Instan/Yeast/Biang Donat
Ragi Instant atau kita mungkin lebih bersahabat dengan Fermipan. Iya, fermipan ialah brand ragi instan asal Perancis yang paling sering digunakan oleh baker(pembuat roti) sehingga terkadang sudah menyerupai menjadi namanya. Kandungan yang terdapat pada ragi ialah mahluk hidup golongan khamir, yaitu saccaromyces cerevisiae.Mikroorganisme bersel satu inilah yang selama proses fermentasi pada adonan roti mengubah karbohidrat menjadi gas karbondioksida. Zat ini yang sanggup menciptakan adonan bakpau, donat, atau roti menjadi mengembang. Hanya sanggup digunakan untuk adonan roti ya bunda, bukan untuk cake, atau camilan anggun kering.


2. Baking Powder (DOUBLE – AKTING )


Baking powder merupakan materi pengembang(leavening agent) dan ditambahkan pada pancake, bolu kukus, cake, bolu panggang, dan cup cake. Komposisi kimia dari baking powder merupakan adonan sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Baking powder juga mengandung inert menyerupai pati. Fungsi berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga biar komponen materi baking powder tetap dalam keadaan baik.. Baking powder berfungsi untuk menyebarkan camilan anggun atau cake.

Baking powder terdiri atas dua jenis yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder.

Single-acting baking powder diaktifkan oleh cairan, jadi kau harus segera memanggang/mengukus adonan segera sehabis bahan-bahan dicampurkan jikalau memakai jenis baking powder yang ini alasannya ialah begitu bertemu dengan adonan akan eksklusif bereaksi membentuk gelembung gas.

Double-acting baking powder bereaksi dalam dua tahap dan sanggup bertahan untuk beberapa dikala menunggu adonan di panggang/dikukus. Makara jikalau oven/kukusan anda terbatas tempatnya sementara kau harus memanggang atau mengukus cake dalam jumlah banyak, maka gunakan double-acting baking powder biar camilan anggun atau roti kau tetap mengembang dengan baik meski masih banyak antrian loyang yang harus masuk ke oven.

3. Baking Soda/ Soda Kue


Baling soda Sering disebut juga soda kue. Nama lain Baking soda ialah sodium bikarbonat. Bahan ini akan mengeluarkan gas kabondioksida (CO2) ketika dipanaskan atau bertemu dengan cairan atau asam. Karenanya materi ini sanggup digunakan sebagai pengembang alasannya ialah mengeluarkan gelembung gas dikala adonan camilan anggun di goreng, dipanggang atau di kukus. Baking soda juga sanggup ditambahkan untuk menciptakan camilan anggun kering atau cake.
Baking soda akan Memperbaiki tekstur cake menjadi lebih berpori-pori merupakan Fungsi fungsi baking soda dalam cake, dan jikalau ditambahkan di dalam adonan camilan anggun kering, baking soda akan menimbulkan camilan anggun kering bertekstur garing, kering dan renyah. Bentuknya debu berwarna putih. Pengunaannya yaitu ½ sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Merek dagang di pasaran Baking Soda Koepoe-Koepoe, Arm & Hammer, dan Pesawat Angkasa.

4. Cream of Tar-Tar ( Non Halal ) 


Komposisi cream of tar tar ialah garam potasium (kalium) dari asam tartaric, yang berbentuk powder atau kristal sehingga mempunyai nama kimia potassium tartaric acidatau potassium hydrogen tartraye dan potassium bitartrate. Fungsi Cream of Tar-Tar ialah mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur yang baik, keuntungannya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang sempurna. Proses pembuatan Cream of tar-tar dihasilkan dari minuman beralkohol yang direaksikan dengan potassium. Pengunaannya yaitu ½ sdt untuk mengocok 5 butir putih telur. Merek dagang cream of tar tar ialah Koepoe-Koepoe, McKenzie’s, dan McCormuck.



Bahan Pelembut Cake/ Roti


1. Ovalet (Non Halal)


ovalet intinya bukan materi pengembang melainkan cake emulsifier atau sanggup di bilang pelembut dan pensetabil adonan yang kita buat. Fungsinya biar adonan cake homogen dan tidak gampang turun dikala pengkocokan serta adonan sanggup tercampur dengan baik. Ovalet mempunyai komposisi mono dan digliserida. Bahan dari ovalet itu sendiri biasanya memakai asam lemak dari binatang atau tumbuhan. Kehalalannya masih dipertanyakan. TBM, Ovalet, dan SP sanggup saling menggantikan. Biasanyanya digunakan sebagai materi pengemulsi pada adonan cake dan bolu. Bentuknya menyerupai pasta berwarna kuning. Gunakan 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Merek dagang di pasaran yang banyak digunakan yaitu cap Koepoe-Koepoe dan Vivid SP cake emulsifier.


2. TBM


TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM ialah merek dagang, komposisi kimia materi ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida. Biasanya ditambahkan dikala pengocokan adonan telur. Penggunaanya sekitar 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Bentuknya pasta menyerupai ovalet. Merek TBM yang populer ialah TBM cap Koepoe-Koepoe.

3. SP


Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu menciptakan adonan menjadi homogen dan tidak gampang turun dikala dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang memakai teknik telur dikocok sampai mengembang kaku.
Sifatnya melembutkan tekstur cake dan menciptakan adonan lebih menyatu. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan cake, alasannya ialah hasil pengocokkan adonan sanggup lebih stabil, sehingga akibatnya lebih maksimal.

4. Bread Improver


kandungan Di dalam bread improver terdapat penguat gluten (Ascorbic acid), pelunak gluten (Sodium metabisulfit), makanan ragi (amonium klorida), emulsifier (surfactant atau lecitchin)dan enzim (Alfa amylase). Salah satu merek dagang Unipan yang cukup populer dipasaran

Bahan ini ditambahkan pada adonan untuk meningkatkan kualitas roti. Roti jadi lebih empuk, lebih lembap, seratnya lebih halus, fermentasi makin singkat, dan memperpanjang daya simpan. Di pasaran dijual dengan salah satu merek dagang Unipan atau Bakerine

5. Shortening


 Shortening  Merupakan salah satu materi untuk melembutkan cake, atau dikenal juga sebagai mentega putih. Namun jikalau menciptakan cake disarankan memakai shortening yang mengandung emulsifier supaya mengikat air sehingga tidak terjadi penguapan dikala proses pemanggangan.

6. Softener


 Softener merupakan materi yang berfungsi melembutkan, menghaluskan pori-pori,  serta tekstur cake dan roti. Hal ini juga untuk menghilangkan busuk anyir dari telur yang dilengkapi dengan aroma buah atau vamili, dan untuk meningkatkan kelembaban cake ketika dipotong. Tersedia 2 bentuk softener camilan anggun yaitu bentuk cair, rujukan brand diva cake softener atau impulsif cake softener, dan bentuk debu rujukan merek fruit powder dan maraquin.

Demikian klarifikasi dari kami perihal aneka macam jenis pengembang dan pelembut pada cake dan roti. Semoga bermanfaat yaa. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Pengembang Serta Pelembut Pada Roti Dan Cake"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel