Pengertian Sayuran Dan Fungsi Sayuran - Astra Bright

Pengertian Sayuran Dan Fungsi Sayuran



Pengertian Sayuran dan Fungsi  Sayuran


Penertian sayur : sayur ialah semua jenis tumbuhan yang sanggup dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, daun, biji, bunga atau bab lain yang dipakai untuk diolah menjadi masakan.

Menurut Wikipedia : Sayuran merupakan sebutan umum bagi materi pangan asal flora yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau sehabis diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur.

Fungsi Sayuran 

Mengatur  Metabolisme

Sayuran mengandung zat  gizi yang berfungsi mengatur  Metabolisme ( proses kerja tubuh). Zat pengatur ini terdiri dari air, vitamin, dan mineral . jenis  zat gizi ini banyak terdapat pada masakan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Pencegahan Penyakit

Buah dan sayuran sarat dengan nutrisi yang melindungi dari penyakit. MayoClinic.com mencatat senyawa tumbuhan dalam buah-buahan dan sayuran mengurangi risiko penyakit jantung, sedangkan American Heart Association melaporkan bahwa mereka membantu mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah yang meningkat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Pola makan yang meliputi buah-buahan dan sayuran juga sanggup mengurangi risiko kanker, berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Selain menyediakan vitamin dan mineral penting, masakan nabati ini mengandung phytochemical yang berdasarkan penelitian mungkin mempunyai manfaat kesehatan, serta sejumlah komponen yang masih diidentifikasi dan diuji untuk manfaat kesehatannya, catat Iowa State University Extension.

Pengendalian berat Badan

Sebagian besar buah-buahan dan sayuran rendah kalori dan tinggi serat. Serat mengisi Anda tanpa menyebabkan kenaikan berat badan. Studi memperlihatkan bahwa orang yang makan lebih banyak masakan kaya serat, menyerupai buah-buahan dan sayuran, mempunyai berat lebih sedikit daripada mereka yang menghindari serat, lapor American Academy of Nutrition and Dietetics. Plus, berpesta buah-buahan dan sayuran tidak akan menyisakan banyak ruang untuk masakan berlemak dan berkalori tinggi. Cara lain buah-buahan dan sayuran membantu Anda tetap langsing: Makanan kaya serat dicerna lebih lambat daripada masakan lain, yang membantu menangkal penurunan kadar gula darah yang sanggup menyebabkan ngemil tanpa berpikir dan penambahan berat badan, kata andal diet terdaftar Connie Diekman, administrator nutrisi universitas di Universitas Washington di St. Louis.



Variasi

Kita dianjurkan makan buah dan sayuran dalam warna pelangi atau banyak sekali warna. Setiap pigmen tumbuhan memperlihatkan manfaat kesehatan tertentu. Likopen pada tomat, semangka, dan jeruk bali merah muda, misalnya, telah terbukti sanggup bertahan melawan kanker prostat, sedangkan beta-karoten dalam wortel, ubi dan labu mempromosikan penglihatan yang baik dan selaput lendir yang sehat.

Fungsi lain dari buah-buahan dan sayuran ialah untuk memperlihatkan variasi diet Anda. "Tanpa semua warna, rasa dan tekstur yang disediakan buah-buahan dan sayuran, diet Anda akan menjadi sangat membosankan dari waktu ke waktu," kata Diekman. Buah-buahan dan sayuran merangsang selera Anda, memperlihatkan banyak sensasi berbeda di lisan Anda dan menambahkan semburan warna pada masakan Anda.

Tips dan Saran Penyajian

Untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam masakan Anda, American Heart Association menyarankan untuk menantang diri Anda sendiri untuk makan dengan warna berbeda setiap hari. Jadikan hari Senin sebagai hari merah saat Anda makan apel, tomat dan stroberi, misalnya, dan Selasa hari oranye untuk wortel dan kentang manis. Cobalah juga menambahkan buah-buahan dan sayuran ke masakan yang sudah Anda sukai, menyerupai topping sayuran di atas pizza dan irisan buah di atas es krim.

Menyerap sayuran ke dalam masakan keluarga Anda dengan cara memarut, mencacah atau memotong zucchini, bayam dan wortel dan menambahkannya ke casserole dan hidangan lainnya. Jika smoothie hijau tradisional mematikan Anda, coba tambahkan bayam mentah ke smoothie buah berwarna gelap, menyerupai yang dibentuk dengan blueberry, pisang, madu, dan yogurt tawar, saran Diekman. Itu tidak akan banyak mengubah warna atau rasa, tetapi Anda masih akan mendapat takaran buah dan sayuran hijau yang sehat.


Pada umumnya sayur-sayuran lebih banyak mengandung zat tepung, karbohidrat, terutama sayuran yang berasal dari akar. Sayuran yang berwarna hijau kandungan gulanya kebih sedikit daripada sayuran yang berbentuk buah, dan sayuran yang berupa daun lebih banyak mengandung vitamin dan mineral. Sedangkan sebagian besar sayuran mengandung vitamin sesuai dengan warnanya :

  1. Sayuaran berwarna hijau banyak mengandung klorofil, Vitamin A dan Vitamin B.
  2. Sayuran yang berwarna merah atau kuning banyak mengandung karotin dan Vitamin A.
  3. Sayuran yang berwarna kuning dan berasa asam banyak mengandung Vitamin C.
  4. Sayuran yang mempunyai aroma yang tajam banyak mengandung welirang menyerupai kol, Lobak, bawang, pete, jengkol dan yang lainya.

Demikian klarifikasi wacana pengertian dan fungsi sayuran dari kami
Semoga Bermanfaat!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sayuran Dan Fungsi Sayuran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel