Perbedaan Cake Dengan Roti - Astra Bright

Perbedaan Cake Dengan Roti

Perbedaan Cake dan Roti Cake dan Roti niscaya kita sudah sangat sering mendengarnya. Dengan makin banyaknya toko yang menjual kedua jenis makanan tersebut. Sering ketika kita memasuki toko untuk membelinya kita asal meminta kepada pelayanya. Kita bilangnya mau beli roti ternyata yang kita beli ternyata jenis cake atau sebaliknya. Hehe. Trus mbak/mas pelayanya senyum-senyum sendiri deh. Nah, semoga kita tidak kelihatan kuper dalam dunia cullinary berikut kami jelaskan perbedaan cake dan roti.

Cake

Menurut Wikipedia biasanya disebut makanan ringan anggun bolu yaitu makanan ringan anggun yang berbahan dasar tepung terigu, telur dan gula. Kue bolu atau cake biasanya deimatangkan dengan cara dipanggang tetapi ada juga yang dikukus, misal : bolu kukus, dan yang lainya.
Sedangkan berdasarkan  U.S Wheat Associats (1983). Cake berasal dari gabungan liquid adri materi utama mentega, margarin, telur, gula pasir, terigu, susu, tbm, dan materi komplemen lainya. Sejalan dengan pendapat, Subagjo (1997) cake yaitu gabungan panggang yang terbuat dari tepung, gula, garam, materi pengembang, shortening, susu, telur dan materi penambah aroma.
Sedangkan jenis produk cake mencakup :

Layer Cake
Layer Cake yaitu cake dengan bentuk bundar atau kotak yang dibentuk menjadi beberapa lapisan ibarat sandwich, lalu lapisan-lapisan tersebut diisi dengan banyak sekali macam isian dan seluruh permukaan di tutup dengan butter cream, selai, coklat atau materi lainya. Contoh produk : Layer Devil Cake, Layer Bluberry Cake, Italian Liquer Cake, Sacher Torte Cake dan yang lainya.

Birthday Cake
Birthday Cake yaitu cake yang bersasal dari materi Sponge Cake, atau Butter Cake yang permukaanya ditutup butter cream, pasta almond, atau coklat. Yang lalu di hias denga materi lainya. Cake ini biasanya di hidangkan ketika program ulang tahun. Contoh produk : Italian Liquer Cake, Blackforest Cake, Apricot Almond Gateau, Orange Cake dan yang lainya.

Wedding Cake
Wedding Cake bekerjsama ibarat dengan Birthday Cake namun lebih banyak kreasi hiasan dan toping diatanya.


Roti

Menurut wikipepia roti yaitu makanan berbahan dasar utama dari tepung terigu dan air, yang di fermentasikan dengan ragi atau sering kita sebut yeast.  Serta kandungan proteinya lebih tinggi dibandingkan dengan cake, sehingga roti menjadi makanan pokok di sebgaian besar negara barat.

Sedangkan berdasarkan U.S Wheat Associates (1981) dalam The Book The World of Bread History (2004). Roti yaitu olahan produk pangan yang merupakan hasil dari proses pemanggangan gabungan yang telah difermentasi terlabih dahulu. Bahan utama dalam pembuatan roti terdiri dari tepung terigu protein tinggi, air, ragi (yeast), dan garam. Sedangkan materi penambah rasa dan pelembut roti ibarat gula, susu, lemak dan telur sedangkan ragi dan Bread Improver berfungsi menguatkan gluten dan memperpanjang umur simpan roti.
Sedangkan Produk Roti Meliputi :

Roti Manis
Roti anggun yaitu makanan yang terbuat dari materi dasar gabungan roti tetapi ditambahkan banyak sekali rasa dan aroma yang memiliki citarasa anggun yang menonjol serta ber tekstur empuk (soft) dengan atau tanpa isian. 

Roti Tawar :
Roti tawar yaitu jenis roti yang dibentuk dengan kandungan gula dan lemak rata-rata dibawah 10% dan bertekstur empuk (soft) berasa tawar dan biasanya di konsumsi dengan menambahkan materi makanan yang lain atau dibakar terlebih dahulu.

Country Braed
Country Bread atau sering disebut roti Continental yaitu roti yang dibentuk dengan atau tanpa gula dan margarin didalam resepnya,roti ini bertekstur kulit garing dan renyah  yang terdiri dari 5 materi utama : Tepung, ragi(yeast, garam, air dan atau tanpa improver. Contoh produk : French Bread, Roll Bread, Vienna dan yang lainya.

Rye Bread
Rey Bread yaitu jenis roti bertekstur keras yang terbuat dari tepung rye dengan proses fermantasi yang cukup panjang (12-24 jam) dan biasanya ditambahkan asam dalam adonanya. Roti ini sangat terkanal di negara Jerman dan Italia.

Grain Bread
Grain Bread atau sering disebut Whole Wheat yaitu roti yang terbuat dari biji gandum utuh yang digiling atau dari biji-bijian yang lainya seprti oat, barley atau biji bunga matahari.

Jadi pada dasarnya ternyata cake dan roti itu memang beda walaupun sedikit ibarat tetapi cara pengolahan, bahan, rasa dan bentuknya yang terperinci berbeda.

Nah, kini kita jadi sedikit tahu ihwal perbedaan cake dan roti, jangan hingga salah sebut di toko lagi ya, he.. he.. untung bila pelayannya juga kurang paham. Nah kalo dah paham kan bikin senyum-senyum. Jangan hingga bilang “beli roti ulang tahun” lagi ya. Hehe..

Semoga Bermanfaat...
Artikel : dari banyak sekali sumber
Foto ilustrasi: google





Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Cake Dengan Roti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel